PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • Kholida Ismatulloh Univesitas Hamzanwadi
  • Alpi Zaidah Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Usman Institut Pendidikan Nusantara Global

Keywords:

Guided Discovery Learning, Hasil Belajar, Fisika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan metode Guided Discovery Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subjek penelitian siswa kelas X MA Mu’allimat NW Kelayu. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar, dan observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan signifikan. Pada tahap prasiklus, rata-rata nilai hasil belajar siswa berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor sebesar 49,75. Setelah penerapan metode Guided Discovery Learning, rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat ke kategori cukup dengan rata-rata skor sebesar 64,25 dengan nilai N-gain yang diperoleh adalah 0,29 dengan kategori rendah pada siklus I dan sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 85.25 dengan nilai N-gain yang diperoleh adalah 0,71 dengan kategori tinggi pada siklus II. Dengan demikian, metode Guided Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika.

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Ismatulloh, K., Zaidah, A., & Usman. (2025). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA. JUMPA (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam), 1(1), 12–18. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jumpa/article/view/3771