UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI MELALUI MEDIA VIDEO 3D ANIMASI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH TALIWANG

Authors

  • Sahratullah Universitas Cordova
  • Fena Prayunisa Institut Pendidikan Nusantara Global

Keywords:

Minat Belajar, Pembelajaran IPA, Media 3D Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk adalah untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA melalui media Animasi 3D siswa kelas X SMA Muhammadiyah Taliwang. Adapun kelas yang digunakan sebagai subyek penelitian yaitu kelas X SMA Muhammadiyah Taliwang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu penelitian yang dilakukan di kelas dengan tekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Peneliti melaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasi) dan refleksi (refleksi). Berdasarkan penelitian siklus I, terlihat hasil pretest rata-rata 54,2 dengan tingkat ketuntasan 34,375% dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi adalah 75. Dan hasil postest dengan rata-rata 56,56 dengan tingkat ketuntasan 43,75% dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 75. Pada penelitian siklus II, terlihat hasil postest rata-rata 74.06 dengan tingkat ketuntasan 81,25% dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi adalah 90. Terlihat dari data di atas bahwa media Animasi 3D dapat meningkatkan minat belajar siswa dilihat dari hasil observasi dan hasil belajar siswa, karena minat belajar sangat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Sahratullah, & Prayunisa, F. (2025). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI MELALUI MEDIA VIDEO 3D ANIMASI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH TALIWANG . JUMPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 6–11. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jumpa/article/view/3759