Pengaruh Komunikasi Administrasi dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah

Authors

  • Normalina Tuarita Magister Administrasi Publik, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
  • Zainal Abidin Rengifurwarin Magister Administrasi Publik, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
  • Aminah Bahasoan Magister Administrasi Publik, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v6i4.4484

Keywords:

Administrative Communication, Work Motivation, Service Quality

Abstract

This study aims to analyze the influence of administrative communication and work motivation on service quality at the Salahutu District Office, Central Maluku Regency. The research employed a quantitative survey approach, collecting data through questionnaires distributed to all office employees. Data analysis was performed using multiple linear regression, t-test, F-test, and the coefficient of determination (R²) to examine both partial and simultaneous effects of independent variables on the dependent variable. The results indicate that administrative communication has a positive and significant effect on service quality, with a regression coefficient of 0.539 and Beta value of 0.651, demonstrating the dominant role of communication in influencing service quality. Conversely, work motivation does not have a significant partial effect, although its influence is positive. Simultaneously, administrative communication and work motivation together significantly affect service quality with a significance level of < 0.001. These findings highlight the importance of synergy between effective internal communication and employee motivation in improving public service performance. The study provides practical implications for the Salahutu District Office management to enhance communication training, optimize digital media, promote a democratic communication culture, and increase employee motivation through rewards and adequate work facilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almahdali, H., & Sakir, A. R. (2024). Analysis of Public Service Quality at the Sirimau Sub-District Office in Ambon City. Perkembangan Kajian Sosial, 1(1), 47–62.

Amaliah, Y., & Sakir, A. R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Kantor Camat Lamuru Kabupaten Bone. Jurnal Relasi Publik, 1(3), 54–69.

Daulay, R. (2021). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pegawai Kantor Kec. Matraman Jakarta Timur). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.

Frinaldi, A., Saputra, B., Putri, N. E., Jumiati, J., Mubarak, A., Magriasti, L., Hasanah, F., & Distra, F. N. (2022). Pengaruh Kualitas Kerja Dan Motivasi Kerja Pegawai Pemerintah Daerah Terhadap Kepuasan Masyarakat Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal El-Riyasah, 13(2), 137–156.

Jelita, M. A., Prihatminingtyas, B., & Askiyanto, M. (2025). Pengaruh Pelayanan, Komunikasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan KTP Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Lassa, A., & Tiza, A. L. (2021). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kefamenanu Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Publik, 6(1), 93–112.

Melowdies, J. D., & FoEh, J. E. H. J. (2024). Pengaruh Motivasi, Mutasi dan Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(3).

Mulki, R. D. I. M., Pratidina, G., Rahmadani, N. T., & Lestari, D. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Desa Sukakarya. Karimah Tauhid, 3(8), 8922–8938.

Ponto, I. S., Patty, J. T., & Sakir, A. R. (2024). Upaya Pencegahan Patologi Birokrasi Melalui Penerapan Good Government untuk Menciptakan Birokrasi yang Efisien. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 14(2), 112–124.

Pradana, A., & Sutisna, D. (2023). Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, dan Kualitas Layanan: Studi Kasus pada Salah Satu Institusi Penegak Hukum di Wilayah Metropolitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(3), 240–250.

Prakoso, A., & Efendi, S. (2022). Pengaruh lingkungan kerja, kompetensi dan komunikasi terhadap motivasi kerja dan dampaknya pada kinerja pegawai tahun 2021 pada kantor pusat produksi, inspeksi dan sertifikasi hasil perikanan Provinsi DKI Jakarta. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(7), 2709–2718.

Sakir, A. R., Yunus, R., & Syamsu, S. (2021). Budaya Birokrasi: Kinerja Pegawai Samsat Maros Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Administrasi Negara, 27(3), 293–316.

Surajiyo, S., Nasruddin, N., Fanira, N., & Paleni, H. (2021). Penggunaan Metode Structural Equation Modeling (SEM) Pada Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan serta dampaknya Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Insan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3).

Syamsuyar, F., Daulay, M. T., Saragih, A., Hadi, M., Malik, M. I., & Suprayitno, E. (2023). Pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Pegawai Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dikantor Camat Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 599–609.

Tarihoran, N. (2022). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Pegawai Di Puskesmas Sering Kecamatan Medan Tembung Provinsi Sumatera Utara. Universitas Medan Area.

Wicaksana, I. M. K. W., Larantika, A. A. A. D., & Wibawa, I. G. A. (2024). Pengaruh Kinerja Pegawai, Motivasi Kerja, Komunikasi dan Budaya Kerja terhadap Pelayanan Kepegawaian (Studi Kasus pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Denpasar). Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 9(2), 93–108.

Downloads

Published

2025-11-25

How to Cite

Tuarita, N., Rengifurwarin, Z. A., & Bahasoan, A. (2025). Pengaruh Komunikasi Administrasi dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Ilmiah Global Education, 6(4), 2572–2584. https://doi.org/10.55681/jige.v6i4.4484