Pengaruh Biaya, Penempatan Kerja, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Fasilitas dan Sertifikat Kompetensi Terhadap Keputusan Lulusan Siswa SMK Melanjutkan ke Lembaga Pelatihan

Authors

  • Sinta Rosita Rachman Management, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Nurhidayah Management, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Muhammad Ridwan Basalamah Management, Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v6i2.3830

Keywords:

Vocational education, training institutions, competency, certificate, job placement, learning costs

Abstract

This research aims to analyze the factors that influence the decision of Vocational High School (SMK) graduate students to continue to training institutions. This phenomenon is important considering the world of work's need for more specific and dynamic skills. This research uses a quantitative approach with logistic regression analysis techniques. It is hoped that the research results can contribute to the development of more targeted vocational education and job training policies. The results of this research found that costs, job placement, curriculum, learning methods, facilities, and competency certificates significantly influence vocational school graduates' decisions to continue their education. Competency certificates have the greatest impact, loss in validating skills. Job placement services are also important in motivating continuing education. High costs negatively influence decisions, highlighting the need for better financial support mechanisms.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alehatina (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII SMK Mandiri Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–9.

A.M. Sardiman (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta

Amy Novianingtyas dan Nanik Estidarsani (2019) Hubungan Kompetensi Bidang Keahlian Ilmu Ukur Tanah Dan Self Confidence Dengan Kesiapan Kerja Di Industri Jasa Konstruksi

Ari Dwi Astuti (2020) Fasilitas, Harga, Kualitas Pendidikan, Dan Lokasi Sebagai Determinan Keputusan Siswa Memilih Jasa Pendidikan Di SMK Muhammadiyah Imogiri (Studi Kasus Pada Jurusan Tata Busana)

Augusty Ferdinand. (2011), Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang

Becker, G. S. (1964). Human capital: A theoretical and empirical analysis with special reference to education. New York: University of Chicago Press.

Gisti Olivia (2023) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi

Ira Luvi Indah Astutik (2023) Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi LSP P1 terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta Didik melalui Model CIPP di SMK Negeri 2 Kota Kediri

Kusumanto, I., & Rianto, Y. (2012). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Siswa Memilih Lembaga Pendidikan. 489–494.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Harlow : Pearson Education Limited

Lamijan, Petrisia Anas Waluwandja, Yanrini Martha Anabokay, Yenssy Mervilen Fanggidae, Jeff Mesah, Arnot Apsalon Kolnel, Yulinda Taebenu (2023) Implementasi Program IDUKA (Link and Match) di Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Negeri dan Swasta Kabupaten Ngawi

Mansurah, R., Wahyuningsih, S., Insani, N., & Syaharuddin, S. (2021). Meta-Analisis: Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 97–102. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Elementary.V4i2.5209

Milandah Maulina, Nono Hery Yoenanto. Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen PendidikanVolume 10, No.1, April 2022 (28-37). 10(1), 28-37. doi: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 41 Tahun 2020

Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2004penelitian yang dilakukan oleh Susanto (2018), lulusan

Rahayu Purnamaningsih, I., & Purbangkara, T. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Rival Suprayogi, and Syaiful Ramadhan, and Andita Dwitama, and Diaz Muhammad Romdhon, (2023) Pengaruh Fasilitas Terhadap Minat Dan Semangat Belajar Siswa Di Smkn4 Kota Bandung. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 99 (1). pp. 1-3. ISSN 2502-4752

Robbins, P. S dan Judge, T. A. (2017). Organizational Behaviour, Edisi 13, Jilid 1, Salemba Empat. Jakarta.

Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V2i1.42

Sinta Dewi, Raya Sulistyowati, Wesi Lestari, Rahayu Ningtyas (2024) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Teaching Factory dan Penguasaan Soft skill terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK

Solimun, A. M. P. S. (2010). Metode Partial Least Square-PLS. CV Citra Malang, Malang

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Trisnawati Bura et all (2025) Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Maumere

Ulil Amri dan Yahya (2021) Pengaruh Biaya Pendidikan terhadap Keputusan memilih Lembaga Pendidikan Wahyuni & Safitri. (2018). Analisis FaktorFaktor yang Menentukan Keberhasilan Penerapan Kurikulum 321 pada Pendidikan Vokasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia.

Waty, E., Sri Yuliandhari, W., Waoma, S., Meilisa Amalia Mekar, Suzan, L., Muslih, M., Rachmawati, R., & Dewi Herawati, S. (2023). AKUNTANSI BIAYA : Konsep Dasar dan Penerapannya.

Yogi Merryanda Simamora, Hanny Siagian, Pioner Pelawi (2023) Pengaruh Lokasi, Fasilitas Pendidikan dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Memilih Sekolah di SMK Swasta Tritech Informatika Medan

Zaleha, Muhammad Subhan (2019) Pengaruh Pemanfaatan Teori Super Dalam Layanan Penempatan Dan Penyaluran terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Multi Mekanik Masmur Pekanbaru

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Rachman, S. R., Nurhidayah, N., & Basalamah, M. R. (2025). Pengaruh Biaya, Penempatan Kerja, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Fasilitas dan Sertifikat Kompetensi Terhadap Keputusan Lulusan Siswa SMK Melanjutkan ke Lembaga Pelatihan . Jurnal Ilmiah Global Education, 6(2), 916–927. https://doi.org/10.55681/jige.v6i2.3830