SECONDARY STUDENTS OF DIFFICULTIES IN MATHEMATICAL PROBLEMS SOLVING

Authors

  • Samsul Hadi Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Suratman Wijaya SMP Negeri 1 Pringgasela

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.33

Keywords:

masalah matematika, kesulitan siswa dalam pemecahan masalah, representasi masalah, pemecahan masalah matematika

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi siswa yang dikembangkan pada kurikulum pembelajaran matematis dalam menghadapi setiap permasalahan baik di pembelajaran maupun di kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis di salah satu SMP Negeri di kabupaten Lombok Timur, NTB, Indonesia. Partisipan dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan pada tahun ajaran 2017/2018. Pemilihan partisipan dilakukan dengan purposifsampling. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, interview, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa tidak mampu memahami, mengidentifikasi, dan menafsirkan masalah dengan baik dan benar, (2) siswa tidak mampu membuat representasi masalah ke dalam model matematis, (3) siswa tidak mampu menjalankan strategi penyelesaian masalah yang telah dibuat dengan benar, (4) siswa tidak mampu melakukan perhitungan dengan benar dan teliti, (5) semua siswa tidak mampu membuat strategi alternatif penyelesaian masalah, dan (6) hampir semua siswa terindikasi kesulitan dalam aspek bahasa, seperempat siswa dalam aspek konsep/pemodelan, dan hampir separuh siswa dalam aspek terapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Hadi, S., & Wijaya, S. (2020). SECONDARY STUDENTS OF DIFFICULTIES IN MATHEMATICAL PROBLEMS SOLVING. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.33